Februari 23, 2024

Fakultas Pertanian Universitas Khairun berhasil menggelar Seminar dan Pra-Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (Semloknas FKPTPI) Wilayah Timur 2023 yang dirangkaikan dengan The 1st International Conference on Sustainable Development and Green Economy in Small Islands (IC-SDGESI 2023). Kegiatan bertema “Strengthening Resilience of the Agricultural Sector in Supporting Sustainable Development Through the Integrated MBKM Program” ini diselenggarakan pada tanggal 23-24 Agustus 2023 dan dihadiri oleh 116 peserta dari berbagai universitas di Indonesia.

Acara utama Semloknas dan International Conference diselenggarakan di Ball Room Sahid Bela Hotel. Dalam acara ini, sebanyak lima orang pembicara berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam memperkuat sektor pertanian berkelanjutan. Sebagai keynote speaker, Dr. Andriko Noto Susanto, SP., MP. (Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional) menjelaskan mengenai membangun ketahanan pangan wilayah kepulauan secara berkelanjutan. Sementara itu, invited speakers R. Eko Adi Irianto, S.E., M.Com (Kepala Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara) memaparkan perkembangan terkini ekonomi Provinsi Maluku Utara; Dr. Idha Widi Arsanti, SP., MP. (Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Kementerian Pertanian) memaparkan pentingnya integrasi program MBKM untuk menguatkan sector pertanian; Prof. Budiman Minasny (University of Sydney, Australia) memaparkan materi mengenai tanah dan perubahan iklim; Orachos Napasintuwong, Ph.D (Kasetsart University, Thailand) memaparkan sistem pangan di pulau-pulau kecil di Thailand; dan Assoc. Prof. Dr. M. Hasanuzzaman (University of Malaya, Malaysia) memaparkan materi teknologi hijau dan teknologi dekarbonasi di sektor energi untuk pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau.

Pada sesi kedua, diselenggarakan sesi parallel Forum Dekan FKPTPI, Forum Program Studi Agribisnis, dan Forum Program Studi Ilmu Tanah. Dalam sesi ini, Dekan Fakultas Pertanian Unkhair terpilih sebagai Ketua FKPTPI Wilayah Timur. Selain itu, diselenggarakan pula sesi parallel presentasi oral peserta IC-SDGESI 2023 secara daring dan luring serta presentasi oral seminar nasional secara luring. Tema-tema yang dipresentasikan mencakup agroteknologi, agribisnis, teknologi pangan, kehutanan, peternakan, dan ilmu tanah. Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Gala dinner yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Ternate serta City Tour Pulau Tidore yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Tidore.

Para Dekan Fakultas Pertanian Wilayah Timur

Kegiatan ini juga menjadi jembatan bagi Universitas Khairun serta Fakultas Pertanian dalam membangun Kerjasama yang lebih terikat dengan berbagai pihak. Dalam acara tersebut, dilakukan penandatanganan MoU antara Universitas Khairun dengan Universitas Islam Al-Azhar Mataram serta Perjanjian Kerjasama (PKs) antara Fakultas Pertanian Universitas Khairun dengan Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Tengah. Selain itu, dilakukan pula penandatanganan PKs antara Fakultas Pertanian Universitas Khairun dengan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Fakultas Pertanian Universitas Jember, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi, dan Fakultas Pertanian Universitas Islam Al Azhar Mataram.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.