September 25, 2022

faperta.unkhair.ac.id. Sejumlah Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian bekunjung ke gudang beras dolog Provinsi Maluku Utara yang didampingi oleh dosen penangungjawab matakuliah Hama Pasca Panen Yaitu Ibu Betty Lahati, SP.,M.Si dan Ibu Sarni, SP.,M.Si.

Kujungan di PT. Bulog Cabang Maluku Utara

Pada kunjungan tersebut mahasiswa belajar untuk mengetahui Pengelolaan Hama Gudang secara Terpadu (PGHT):Meliputi Pencegahan, Pengawasan dan Pengendalian.

1.  PENGENDALIAN SERANGGA HAMA GUDANG

1. Cara-cara pengendalian hama di lapangan dapat diterapkan di gudang dengan beberapa penyesuaian

2. Aplikasi pestisida bukan cara terampuh dalam pengendalian hama

3. Pendekatan yang perlu dilakukan: Pengendalian HamaTerpadu (PHT).

2 CARA-CARA PENGENDALIAN HAMA GUDANG

1. Preventif (mencegah terjadinya serangan)

2. Pengendalian Fisik-mekanik

3. Pengendalian hayati

4. Pengendalian kimiawi

Preventif Mencegah datangnya hama lebih mudah daripada membasmi atau mengeliminasi serangga yang sudah masuk pertama, Membuat konstruksi kedap serangga : Bangunan dari beton atau logam akan lebih baik daripada kayu. kedua, Sanitasi gudang: Ceceran bahan simpanan di lantai harus dibersihkan sebelum dilakukan penyimpanan selanjutnya, celah-celah atau retakan pada lantai, dinding, harus ditutup (sealed). ketiga, Tidak menyimpan alat pertanian, seperti alat pemanen diruang penyimpanan karena biji-biji yang tertinggal dapat menjadi sumber infestasi. keempat. Tidak menggunakan karung bekas yang belum di disinfestasi untuk menyimpan.

4 Bangunan dari beton atau logam`

 5. Jangan menyimpan wadah bekas di ruang penyimpanan

6. Menggunakan wadah yang tidak mudah dimasuki oleh serangga

7. Menggunakan protektan untuk melindungi bahan simpanan (khusus untuk penyimpanan benih) seperti abu sekam dan serbuk tanaman yang diketahui mengandung insektisida

8. Menyimpan bahan dalam bentuk yang lebih resisten, misal yang masih dilengkapi dengan polong, terutama kacang tanah.

Respons Serangga Hama Gudang terhadap Temperatur Zone Temparatur ( o C) Pengaruh Lethal > Suboptimal > Kematian < 1 menit Kematian < 1 jam Kematian < hari Pertumb. pop. terhenti,serangga Mencari tmpt yg lbh dingin Perkembangan terhenti Perkembangan lambat Optimal Maksimum laju perkembangan Suboptimal < 15 Lethal s/d s/d -15 Perkembangan lambat Perkembangan terhenti Kematian dalam minggu Kematian dalam hari Kematian < 1 jam Field, P.G The control of stored-product insects and mites with extreme temperatures. J. Stored Prod.Res. 28:

 Penggunaan Temperatur Tinggi Faktor-faktor yang berpengaruh : 1. Temperatur 2. Lama perlakuan 3. Spesies 4. Fase perkembangan 5. Aklimatisasi 6. Kelembapan relatif Temperatur tinggi yang efektif untuk membunuh serangga di dalam tempat penyimpanan adalah antara o C selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.