Desember 6, 2022

faperta.unkhir.ac.id Bina Desa adalah program rutin yang dilakukan Program Studi Agretoknologi dengan sasaran mitra prodi.  Bentuk kegiatan bina desa kali ini bertajuk Penerapan Pertanian Organik yang menghasilkan produk olahan organic.  Kegiatan ini termasuk implementasi kerjasama prodi dengan desa yang sudah disepakati bersama dua bulan lalu.  Program ini dilakukan untuk menjalin mitra kampus di desa, berbagi pengetahuan dan teknologi praktis pada masyarakat, serta bentuk sosialisasi program studi dalam wujud pengabdian masyarakat.  Pengabdian masyarakat adalah tugas utama setiap dosen, sehingga kegiatan rutinitas ini juga memfasilitasi setiap dosen melakukan pengabdian.

Pengabdian yang dilakukan di desa Moiso Jailolo Selatan ini dilakukan dalam rangka persiapan perlombaan desa se Halmahera Barat.  Persiapan desa mengikuti lomba desa dalam menghasilkan produk desa perlu pelatihan. Pelatihan yang digagas oleh Prodi Agroteknilogi kali ini atas permintaan kelompok tani wanita desa Moiso. Peran dosen Agroteknologi dalam kegiatan ini sebagai narasumber yang melatih serta mendemonstrasikan produk seperti minuman herbal dan obat herbal. Pelatihan Pembuatan Sirup Telang Rempah adalah materi yang disampaikan oleh Dr. Sri Soenarsih DAS, M.Si sekaligus demo pembuatan sirup telang herbal.  Materi pengabdian yang lain adalah Teknik Budidaya Togalampot (Tanaman Obat Keluarga dalam Pot) untuk penyediaan bahan simplisia yang disampaikan oleh Dr. Zauzah Abdullatif, M.Si.  Pemanfaatan limbah sebagai pupuk organic untuk sayuran, pengenalan jenis penyakit tanaman perkebunan, pemanfaatan sabut kelapa sebagai media tanaman hias, gulma sebagai pupuk hijau,  pemanfaatan dan peningkatan hasil budidaya tanaman pekarangan adalah tema diskusi yng dibincangkan dengan kelompok tani wanita.  Kegiatan ini diikuti oleh Koordinator Prodi dan semua dosen Agroteknologi Dr. Suryati Tjokrodiningrat, Dr. Suratman Sudjud, Dr. Sofyan Samad, Dr. Rima Melati, Sarni, SP., M.Si, Hayun Abdullah, SP., MP, Sugeng Hariyanto, SP., MP, dan dua dosen Candidat Doktor yakni  Bapak Abd. Rahmat Mandea dan Ibu Sartika Syafi.

Fokus kelompok sasaran kegiatan bina desa kali ini adalah kelompok tani wanita “Garamakusu”.  Kelompok tani tersebut terdaftar di Dinas Pertanian Halmahera Barat dan saat ini melaksanakan program pemanfaatan lahan pekarangan. Kelompok tani tersebut membudidayakan tanaman hortikultura seperti tomat, cabai, terong, sawi, bayam  dll.  Bina desa yang dilaksanakan di desa Moiso pada hari sabtu 19 – 20 Maret 2022 dikoordinir mahasiswa agroteknologi yang saat ini mengikuti MBKM membangun desa. Selain itu program studi juga melakukan giat social dengan memberikan atau berpartisipasi dalam pembangunan tempat ibadah di desa Moiso.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.