Desember 2, 2022

faperta.unkhair.ac.id Penyampaian visi misi calon Dekan Fakultas Pertanian Universitas Khairun hari ini Selasa, 15 Februari 2022 digelar. Dua kandidat Dekan Pertanian periode 2022-2026 menyampaikan program kerja serta visi misi dihadapan Sivitas Akademika Fakultas Pertanian.  Acara yang berlangsung di aula Fakultas Pertanian ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akadmik, Dr. Hasan Hamid, M.Si. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Abdul Kadir Kamaluddin, SP.M.Si serta para Dosen dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Khairun.

Yang menarik dari kandidat Dekan Fakultas Pertanian adalah wanita, kedua kandidat Dekan yang tampil menyampaikan Visi Misi dan Program Kerja adalah Ir. Lily Ishak, M.Si., M.Nat.Res., Ph.D dan Dr. Ir. Tri Mulya Hartati, M.P

Sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Khairun nomor 01 tahun 2021 tentang Tata Cara Pengangkatan Dekan di lingkungan Universitas Khairun, hadir sebagai kuasa Rektor adalah Wakil Rektor Akademik Dr. Hasan Hamid, MSi.  Saat memberikan sambutan Hasan Hamid mengatakan

Terima kasih kepada semua undangan yang hadir baik dari lingkungan Universitas Khairun maupun dari berbagai instansi lainnya. Terima kasih sebesar besarnya atas kehadiran para koordinator program studi yang selama ini telah bekerja dengan keras dan ihklas dan juga menjadi ujung tombak dari Fakultas.

Dalam kesempatan itu, Dr. Hasan Hamid, MSi mengatakan kehadirannya dalam rapat senat terbuka Fakultas Pertanian adalah menjalankan tugas sebagai kuasa Rektor untuk memantau jalannya penyampaian visi misi dan program kerja. Jabatan Dekan adalah tugas tambahan seorang Dosen. Untuk itu seorang pejabat di perguruan tinggi harus bekerja keras karena begitu cepatnya perkembangan perguruan tinggi. Diperlukan gerakan dan lompatan yang cepat untuk beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi pendidikan yang cukup pesat.  Pola belajar dan mengajar sudah sedemikian majunya sehingga seorang pemimpin jangan kaku dengan perkembangan teknologi pendidikan. Selain itu pemimpin harus mengayomi semua yang ada di lingkungan Fakultas maupun Universitas.

Berikut garis besar visi misi calon Dekan yang dihimpun oleh humas untuk diketahui oleh publik:

Tampil pertama dalam penyampaian visi misi calon Dekan Fakultas Pertanian untuk periode 2022-2026 adalah Dr. Ir. Tri Mulya Hartati, M.PDalam kesempatan itu beliau menyampaikan visinya yaitu  Menjadikan fakultas pertanian yang unggul dan inovatif dalam pengembangan IPTEK dan SDM di bidang pertanian berbasis kepulauan dan kemajemukan” dan misinya yaitu 1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas,  profesional, berkarakter dan berkesinambungan. 2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terstruktur, berkesinambungan dan terpadu untuk menunjang kemandirian bangsa. 3. Meningkatkan penguatan kelembagaan dan mengembangkan tata kelola fakultas yang berkualitas. 4. Mengembangkan kerjasama kelembagaan untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi baik ditingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

Calon Dekan (Dr. Ir. Tri Mulya Hartati.,M.P)

Selnajutnya Ir. Lily Ishak, M.Si., M.Nat.Res., Ph.D menyampaikan visi misi dan program kerja calon Dekan Fakultas Pertanian untuk periode 2022-2026. Dalam kesempatan itu Ir. Lily Ishak, M.Si., M.Nat.Res., Ph.D menjelaskan visinya yakni Menjadikan Fakultas Pertanian sebagai Fakultas yang unggul dan mandiri dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang pertanian untuk kesejahteraan  masyarakat, yang inovatif, kreatif dan  implementatif berbasis kepualauan  dan kemajemukan.” . Untuk misi sebagai calon Dekan Fakultas Pertanian, Lily Ishak menjelaskan beberapa point yakni 1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas dan berkarakter untuk menghasilkan alumni yang kompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian/kehutanan, dan memiliki sikap beriman, berbudi pekerti luhur, tanggung jawab, dan profesional. 2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang yang relevan dengan pertanian/kehutanan secara berkesinambungan dan sinergis dengan kebutuhan masyarakat/industry serta menunjang pembangunan Daerah/Nasional. 3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang terstruktur, berkesinambungan dan terpadu untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan wilayah kepulauan. 4. Meningkatkan kuantitas, kualitas, dan kapasitas SDM Dosen dan Tendik Fakultas Pertanian serta Infrastruktur pendukung. 5. Meningkatkan penguatan kelembagaan dan mengembangkan tata kelola fakultas ke arah yang berbasis teknologi informasi dan pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) sesuai prinsip Pengelolaan dan Manjemen Badan Usaha yang sehat. 6. Mengembangkan kerjasama kelembagaan baik dengan alumni maupun dengan pihak eksternal di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional, utamanya dalam mendukung pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 7. Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu dengan mengoptimalkan Kinerja dan Kompetensi SDM Penjaminan Mutu di tingkat Fakultas/Program Studi.

Calon Dekan Faperta (Ir. Lily Ishak, M.Si.,M.NatRes.,Ph.D)

Setelah memaparkan visi mis dan program kerja, kedua kandidat menandatangani berita cara penyampaian visi misi dan acara ditutup dengan foto bersama sivitas akademika Fakultas Pertanian (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.