Juni 14, 2024
Para pemenang lomba dalam PESONA 2023
Para pemenang lomba dalam PESONA 2023

Fakultas Pertanian Unkhair sukses menggelar kegiatan PESONA dengan tema “Mewujudkan Kebersamaan dan Semangat Kreativitas, Sportivitas melalui PESONA UNKHAIR”. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 22-23 Desember 2023 dan puncaknya pada tanggal 29 Desember 2023. Beberapa lomba diadakan di tingkat fakultas, yaitu lomba debat isu pertanian kontemporer, desain poster, MTQ, petanque, solo pop, musikalisasi puisi dan penghargaan mahasiswa berprestasi.

PESONA juga menghadirkan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional dengan tema “Mempersiapkan Generasi Emas Mahasiswa Pertanian di Era Society 5.0”. Kegiatan LKTI ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menyusun naskah ilmiah. Penyelenggaraannya secara daring dan diikuti oleh sebanyak 20 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Pemenang lomba ini  yaitu Tim Ravian Syahputra dan Muhammad Adil dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan judul karya tulis “Upaya meningkatkan kualitas fisik silase limbah organik pasar menggunakan molasses sebagai aditif stimulan”. Juara dua dimenangkan oleh Aryanti Rizki Adinda dari Universitas Lampung dengan judul karya tulis “Feses gajah sebagai pengganti media tanam di Taman Nasional Way Kambas”. Mahasiswa Program Studi THP Faperta Unkhair a.n. Winarsih Ransingin dan Amam Holid mendapatkan juara ketiga dengan karya tulis berjudul “Pengolahan limbah ampas tahu sebagai substitusi tepung terigu dalam pembuatan brownies rendah kalori”. Perolehan kemenangan tim Prodi THP Unkhair sebagai juara ketiga menjadi sumbangsih yang berharga bagi Fakultas Pertanian Unkhair dalam mencapai IKU 2 pada bidang kemahasiswaan.

Peserta turnamen petanque
Peserta turnamen petanque

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Khairun sangat antusias dengan penyelenggaraan PESONA karena menjadi ajang dalam menampilkan kreativitas mahasiswa di masing-masing Prodi. Selain itu, ajang ini juga menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya dalam seni dan olahraga serta membangun kerjasama tim antar mahasiswa.

Peserta PESONA pada setiap mata lomba di tingkat Fakultas Pertanian Unkhair menunjukkan sportivitas serta semangat yang tinggi. Pada mata lomba Debat Ilmu Pertanian Kontemporer, tim debat dari Prodi Kehutanan memperoleh juara pertama, tim Prodi Peternakan sebagai juara 2, dan tim Prodi Agribisnis sebagai Juara 3. Pada mata lomba desain poster, juara 1 dimenangkan oleh Sitti Fadila A. Rahman dari Prodi Peternakan, juara 2 oleh Ajrin Kailul dari Prodi Agroteknologi, dan juara 3 oleh Alfitrah Basri dari Prodi Ilmu Tanah.

Mata lomba Tilawah dimenangkan oleh mahasiswa Prodi Agribisnis, yaitu Juara 1 oleh Wahyuti Gajali, Juara 2 oleh Ibrahim Tahrun, dan juara 3 oleh Suriyadin Rahman. Sementara itu, pada mata lomba tartil, dimenangkan oleh Faisal La Gaga dari Prodi THP sebagai juara 1 dan Putri Rahmawati dari Prodi Ilmu Tanah sebagai juara 2. Selanjutnya pada mata lomba musikalisasi puisi, pemenang juara 1 adalah Putri Rahmawati dari Prodi Ilmu Tanah, juara 2 adalah Santira Kemhai dari Prodi THP, dan juara 3 oleh Aidil Fitra dari Prodi Kehutanan. Mata lomba solo pop dimenangkan oleh Sufriani Maswatu dari Prodi Kehutanan, juara 2 oleh Riski Salfian Rakib dari Prodi Ilmu Tanah, dan juara 3 oleh Tarisa Jasmine Arifin dari Prodi Ilmu Tanah.

Suasana lomba debat isu pertanian kontemporer,
Suasana lomba debat isu pertanian kontemporer,
Peserta MTQ pada PESONA 2023 
Malam penghargaan PESONA 2023

Pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah dilakukan pada tanggal 29 Desember 2023. Seluruh pemenang pada masing-masing mata lomba memperoleh uang pembinaan, piala, serta sertifikat. Dalam kesempatan yang sama, dilakukan pula pemberian penghargaan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian berprestasi.

PESONA adalah kegiatan rutin tahunan dalam bidang kemahasiswaan. Suksesnya penyelenggaraan acara ini merupakan kerjasama seluruh pihak yang terlibat, baik elemen pimpinan, dosen, tenaga pendidik, maupun mahasiswa. Penyelenggaraan kegiatan ini juga bukan hanya mendorong terbentuknya kerjasama seluruh civitas akademika Faperta, namun juga memberikan harapan bagi pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni dan olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.