Mahasiswa Fakultas Pertanian mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019

Faperta.unkhair.ac.id.  Mahasiswa Fakultas Pertanian telah mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada tahun 2001 dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. [ Pada awalnya, PKM memiliki  PKM 5 Bidang (PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T, PKM-KC), PKM Karya Tulis (KT : PKM-AI, PKM-GT) dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) untuk pendanaan tahun 2019.

Fakultas Pertanian mengirimkan 9 kelompok dengan bidang-bidang yang berbeda untuk mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pada tahun ini. dan salah satunya PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) mereka adalah Dewi Djamaludin, Nadiah Amin, Hardiyanto Tomayou, dan didampingi oleh Dr. Yusnaini dan Yusri Sapsuha,SPt.M.Si dengan judul ilmiahnya yakni “Menuju Peternakan Broiler Organik Yang Sehat dan Aman Dengan Fitobiotik”. Salah satu sumber daya Propinsi Maluku Utara yang dapat dijadikan fitobiotik adalah Buah Pala dan Cengkeh. Pulau-pulau di gugusan Provinsi Maluku Utara adalah sumber pala dan cengkeh dunia yang melegenda dan menjadi daya tarik bangsa lain. Buah pala (MyristicafrangransHoutt) dan cengkeh (Sysgiumaromaticum L) merupakan tanaman rempah Indonesia yang kaya akan zat antibakteri dan anti jamur karena mengandung minyak atsiri. Senyawa penyusun minyak atsiri tersebut yang telah terbukti dapat mencegah penyakit pada ternak.

Untuk menuju peternakan broiler organik yang sehat dan aman dapat menggunakan pala dan cengkeh sebagai fitobiotik pengganti antibiotik, karena fitobiotik mampu menstimulasi pertumbuhan ayam, memelihara kesehatan ayam dan mengontrol mikrorganisme dalam organ pencernaan sehingga mempengaruhi kecernaan dan pemanfaatan energy ayam. Pemanfaatan fitobiotik sebagai Natural Growth Promoters (NGPs) telah diidentifikasi sebagai alternatif yang efektif untuk antibiotik. Fitobiotik adalah aditif pakan yang berasal dari bahan makanan murni yang dapat menstimulasi pertumbuhan ayam, memelihara kesehatan ayam dan mampu mengontrol mikroorganisme didalam saluran pencernaan broiler.

Dengan penelitian ini mereka harus membuat PKM berbasis media sosial, yaitu PKM-GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif) yang berpeluang ditampilkan di PIMNAS, dengan proposal tertulis para Mahasiswa ini juga membuat tautan video youtube http://youtube.be/IDkwdt90Fy0  dengan sinopsis konten dan skenario naskah berdurasi maksimal 10 menit dengan resolusi 480P yang selanjutnya mereka unggah pada kanal youtube Belmawa dan alamat tautan (link) diunggah ke SIMBelmawa. Kami berharap kepada Mahasiswa agar dapat like dan share untuk mendukung kegiatan mereka. *Humas_FP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *