Agustus 9, 2022

faperta.unkhair.ac.id Penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka. Calon mahasiswa yang akan mendaftar di jalur SNMPTN adalah siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2022. Untuk diketahui jadwal seleksi jalur SNMPTN 2022 telah rilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sejak Desember 2021.

Tahapan pendaftaran jalur SNMPTN dimulai dengan Pengumuman Kuota oleh LTMPT yang disampaikan pada tanggal, 28 Desember 2021. Jumlah kouta sesuai dengan akreditasi sekolah.  Sekolah diberikan masa sanggahan terkait kuota sesuai dengan akreditasi. kami informasikan kembali ketentuan akreditasi, untuk sekolah dengan akreditasi A, mendapatkan kuota 40 % jumlah siswa terbaik di sekolahnya selanjutnya untuk sekolah akreditasi B mendapatkan kuota 25 % siswa terbaik di sekolahnya dan sekolah akreditasi C dan lainnya mendapatkan kuota 5% jumlah siswa terbaik di sekolahnya.

Pembuatan akun LTMPT. Sebelum melakukan pendaftaran, Siswa dan Sekolah wajib membuat akun LTMPT. Pembuatan akun LTMPT dimulai tanggal, 04 Januari sampai dengan 15 Februari 2022.  Pembuatan akun dapat dilakukan melalui melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.  Bagi siswa dan sekolah yang belum mengetahui cara pembuatan akun LTMPT silakan unduh file ini  Alur Registrasi Sekolah

Icon

Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Sekolah

 1 file(s)  2.25 MBDOWNLOADAlur Registrasi Siswa

Icon

Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Siswa

 1 file(s)  2.58 MBDOWNLOAD

Sebelum pendaftaran SNMPTN dimulai, LTMPT akan mengumumankan jumlah siswa yang Eligible untuk mendaftar dijalur SNMPTN 2022. Penetapan siswa eligible berdasarkan Akreditasi Sekolah. Jumlah siswa eligible ini akan diumumkan pada tanggal, 04 Januari sampai 08 Februari 2022.

Selanjutnya Sekolah Menentukan Calon Peserta berdasarakan data LTMPT dari Jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag. Pada tahap ini sekolah akan menentukan siapa saja siswa yang masuk dalam peringkat teratas, sesuai dengan kuota berdasarkan akreditasi yang dimiliki. Pemeringkatan didasarkan pada nilai mata pelajaran sesuai dengan konsentrasi masing-masing. Untuk jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian. Selain nilai-nilai tersebut, sekolah juga dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai siswa yang sama.

Selanjutnya dilakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah. Pengisian PDSS dimulai tanggal, 08 Januari 2022 sampai dengan 08 Februari 2022. Berikut kami bagikan informasi tahapan pengisian PDSS silakan diunduh

Icon

Tahapan Pengisian PDSS

 1 file(s)  1.70 MBDOWNLOAD

Setelah pengisian PDSS tahapan selanjutnya adalah Pendaftaran SNMPTN 2022. Proses pendaftaran dilakukan langsung oleh siswa dilaman https://portal.ltmpt.ac.id dengan menggunakan (email dan kata sandi) yang telah dibuat sebelumnya. Pendaftaran SNMPT 2022 dimulai tanggal, 14 sampai 28 Februari 2022. Tahap Selanjutnya adalah Pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi. Pada tahap ini siswa memilih progran studi dan PTN yang diminati. Untuk diketahui bahwa pilihan PTN dan program studi ada Ketentuannya yakni, siswa bisa memilih dua program studi baik dari PTN yang sama atau berbeda. Jika memilih 2 program studi, salah satunya wajib masih di provinsi yang sama dengan sekolah asalnya. Namun, apabila hanya memilih satu, maka bebas mendaftar di PTN provinsi mana pun. Bagi yang memilih program studi seni dan olah raga wajib unggah portofolio. Selanjutya proses seleksi SNMPTN 2022. Proses ini dilakukan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Pengumuman SNMPTN 2022 dijadwalkan pada tanggal, 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB. Seluruh informasi terkait pengumuman SNMPTN 2022 dapat diakses melalui laman https://ltmpt.ac.id/.  Kami himbau sebelum mendaftar harap dibaca terlebih dahulu Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022 (dapat diunduh di web LTMPT) dengan seksama. Bagi siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 08041450450 atau https://halo.ltmpt.ac.id

Demikian informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru jalur SNMPTN, kami harap adik adik terus mengakses informasi lainnya dilaman dilaman resmi kami. Teruslah belajar dan tetap semangat karena sebagian orang merasa tidak percaya diri dengan latar belakang yang dimiliki, jangan jadikan hal ini penghambat untuk berhenti berusaha dan berjuang. Jangan takut bermimpi untuk melanjutkan pendidikan di universitas terbaik, karena pada akhirnya latar belakang tersebut tidak lagi penting asalkan Anda terus berusaha mecapai impian tersebut. (Humas).

Berikut kerangka waktu SNMPTN 2022 yang kami rangkum :

  • Peluncuran Sistem PMB 2022 tanggal, 04 Januari 2022
  • Pembuatan Akun LTMPT mulai tanggal, 04 Januari 2022 sampai tanggal, 15 Februari 2022
  • Penetapan siswa/wi yang eligible oleh Sekolah mulai tanggal, 04 Januari sampai tanggal 08 Februari 2022
  • Sosialisasi PDSS 01 Desember 2021 sampai dengan 08 Februari 2022
  • Pengisian PDSS mulai tanggal, 08 Januari 2022 sampai tanggal, 08 Februari 2022
  • Sosialisasi SNMPTN 01 Desember 2021 sampai dengan 28 Februari 2022
  • PENDAFTARAN SNMPTN 2022 mulai tanggal, 14 sampai 28 Februari 2022
  • Pengumuman hasil SNMPTN 2022 tanggal, 29 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.