Agustus 9, 2022

faperta.unkhair.ac.id Kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 dengan konsep MBKM dianggap relevan dan tepat dilaksanakan di era demokrasi saat ini. Membangun desa/KKNT adalah salah satu kegiatan MBKM yang merupakan proses pembelajaran inovatif mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di tengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat sebagai penggerak pembangunan desa. Keterlibatan mahasiswa bukan saja sebagai kesempatan mahasiswa belajar dari masyarakat, namun juga memberi pengaruh positif dan aktif terhadap pengembangan masyarakat, sehingga memberi warna baru dalam pembangunan masyarakat secara positif.

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, mengutus 8 orang Mahasiswa untuk melaksanakan salah satu program MBKM Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik di Desa Moiso, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat Pada tanggal 22 januari 2022. Beberapa program membangun desa yang telah dijalankan oleh Mahasiswa program studi Agroteknologi adalah pelatihan dan pembuatan pupuk organik cair dan kompos kepada masyarakat, kegiatan pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Halmahera Barat, Kepala BPP Kecamatan Jailolo Selatan, penyuluh pertanian, beserta dosen-dosen Agroteknologi, dengan beberapa materi pelatihan tentang sistem pertanian terpadu, sistem pertanian berkelanjutan, dan pemeliharaan tanaman dari serangan hama dan penyakit pada hari sabtu tanggal 19 Februari 2022.

Selain kegiatan pelatihan, mahasiswa juga melakukan kegiatan lain seperti demonstrasi pembuatan pupuk organik cair dan kompos, pembuatan pestisida nabati, pembuatan lahan percontohan, serta identifikasi jenis tanaman pertanian yang ada di Desa Moiso, Kec. Jailolo Selatan. Identifikasi dilakukan untuk membuat suatu dokumen terkait pertanian di Desa Moiso yang akan dibuat sebagai buku profil pertanian. Program yang sudah dan yang akan dilaksanan diharapkan dapat Membantu percepatan pembangunan di wilayah pedesaan bersama dengan Kementerian Desa PDTT serta memberikan dampak yang baik bagi masyarakat khususnya di bidang pertanian, mengingat sebagian besar masyarakat di Desa Moiso berprofesi sebagai petani.    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.