Februari 22, 2024

Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Khairun saat ini telah mencapai usia 10 tahun pada tahun 2023. Peringatan 1 dekade ini dirayakan dengan meriah pada tanggal 20 – 21 Oktober 2023 di Pasar Melayu Fort Oranje. Dies natalis ini dihadiri oleh mahasiswa dan alumni Prodi Kehutanan, civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Khairun, serta masyarakat umum di Kota Ternate.

Kegiatan Dies Natalis dibuka dengan tarian penyambutan dan disambung dengan lagu mars rimbawan yang dinyanyikan dengan lantang oleh mahasiswa dan dosen Prodi Kehutanan. Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan yang diawali oleh sambutan Ketua Himasylva dan dilanjutkan oleh sambutan dari IKA Alumni. Perwakilan Alumni, Rafit Husen, dalam sambutannya berharap ada Hutan Pendidikan yang dapat menjadi sarana belajar dan meneliti bagi mahasiswa Kehutanan. Hal ini kemudian ditanggapi oleh Dekan dalam sambutannya yang mengungkapkan bahwa telah ada rencana pengembangan dan pengelolaan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK). Pengajuan permohonan telah dilakukan oleh Universitas Khairun dan saat ini sedang dalam proses mempersiapkan kelengkapan administrasi. Harapannya rencana ini sudah dapat direalisasikan di tahun 2023 dengan dukungan dari stakeholders Dinas Kehutanan dan UPT KLHK yang bekerja di wilayah Maluku Utara.

Wakil Rektor 3 Unkhair dan Wakil Dekan 3 Faperta Unkhair bersama dengan Kaprodi, dosen, dan alumni Prodi Kehutanan Unkhair
Wakil Rektor 3 Unkhair dan Wakil Dekan 3 Faperta Unkhair bersama dengan Kaprodi, dosen, dan alumni Prodi Kehutanan Unkhair

Wakil Dekan III Fakultas Pertanian juga menyampaikan harapannya dalam pelaksanaan 1 Dekade ini yaitu terbangunnya kesadaran Alumni untuk berperan aktif dalam membangun jejaring, berkontribusi dan bekolaborasi dalam membangun SDM Malut dan Pengembangan Kampus Unkhair. Rektor yang diwakili Wakil Retor 3 bidang Kemahasiswaan, alumni dan Kerjasama juga menyampaikan hal serupa, bahwa alumni memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan kampus serta mendorong kemajuan kampus di masa depan.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai wujud rasa syukur atas pencapaian umur 10 tahun. Pemotongan tumpeng dalam acara ini juga menyimbolkan harapan untuk kelimpahan, keberuntungan, dan kesuksesan ke depannya. Berbagai persembahan seni kemudian ditampilkan oleh segenap mahasiswa Prodi Kehutanan sebagai bentuk rasa suka cita. Mahasiswa kehutanan menampilkan persembahan seni seperti tari, musikalisasi puisi, dan live music. Selain itu, dihadirkan pula hiburan Standup Comedy dari Standup Indo Ternate. Sebagai penutup acara, dihadirkan special performance dari Treeshome dan Ai Chilot yang merupakan dua musisi asli Maluku Utara.

Dies Natalis 1 Dekade Prodi Kehutanan sebenarnya bukan hanya menjadi perayaan hiburan semata, namun juga menjadi ruang bagi mahasiswa, alumni, dan dosen untuk berkumpul dan bersilaturahmi. Perayaan ini juga menjadi ajang refleksi perjalanan Prodi Kehutanan selama 10 tahun ke belakang serta ajang untuk menumbuhkan semangat demi pengembangan Prodi Kehutanan yang lebih baik di masa depan. Lebih lanjut, refleksi ini juga dapat menjadi bahan bakar bagi Prodi Kehutanan untuk terus ikut terlibat aktif dalam mengatasi permasalahan lingkungan serta deforestasi di wilayah Maluku Utara.

 

Selamat merayakan umur satu dekade. Salam Rimba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.