Registrasi Akun Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Mulai 4 Januari 2021

faperta.unkhair.ac.id Universitas Khiarun merupakan salah satu Universitas negeri di kawasan timur Indonesia kembali melakukan sosialisasi dan promosi masuk Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Seperti tahun sebelumnya penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Tahapan Pendaftaran SNMPTN Tahun 2021 dimulai dengan pengumuman kuota oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pengumuman ini sesuai dengan akreditasi Sekolah dan jumlah siswa, jika akreditasi A maka jumlah yang diterima adalah 40% siswa/wi terbaik disekolah,  Akreditasi B jumlah yang diterima 25 % terbaik di sekolahnya; Akreditasi C dan lainnya jumlah yang diterima 5% terbaik di sekolahnya.

Tahapan selanjutnya adalah Registrasi Akun LTMPT bagi Sekolah. Registrasi akun adalah wajib sifatnya bagi Sekolah yang belum memiliki akun, jika Sekolah telah memiliki akun tahun sebelumnya dipersilakan menggunakan akun tersebut. Registrasi akun dapat dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id  Setelah tahapan registrasi akun sekolah, selanjutnya seluruh siswa kelas 12 wajib melakukan Registrasi Akun LTMPT melalui laman yang sama https://portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akun siswa nantinya digunakan untuk tahap pendaftaran baik SNMPTN maupun UTBK (Single Sign On). Jadwal untuk Registrasi Akun untuk sekolah dan siswa dimulai tanggal, 04 Januari 2021 sampai tanggal 01 Februari 2021. Tahapan ini sangat penting diperhatikan pada saat finalisasi data pada portal pendaftaran akun siswa.

Tahap selanjutnya adalah Penentuan jumlah siswa dan akreditasi, penentuan ini siswa ini dilakukan oleh sekolah sendiri berdasarkan data LTMPT. Setelah menentukan jumlah siswa selanjutnya Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) pada tahap ini kami harap kepada pihak sekolah dapat membantu dalam pengisian data siswa. Pengisian PDSS dimulai tanggal 11 Januari 2021 sampai tanggal 08 Februari 2021.

Setelah pengisian PDSS, tahapan berikut adalah PENDAFTARAN SNMPTN. Tahap ini dimulai tanggal, 15 sampai dengan 24 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN sendiri dilakukan oleh siswa, sebelum mendaftar siswa dapat melihat daftar peringkat siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2021, pemeringkatan tersebut dilakukan oleh pihak sekolah setelah melakukan finalisasi PDSS.

Pada tahap pendaftaran, siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password  yang telah terdaftar dan selanjutnya  login ke laman Portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Pada tahap ini siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, untuk pilihan PTN di berikan kesempatan dua PTN. Dalam pemilihan PTN disarankan memilih satu PTN di wilayah tempat tinggal dan satu PTN diluar wilayah tempat tinggal. Selanjutnya pendaftaran SNMPTN mengunggah (upload) portofolio bagi peserta yang memilih prodi bidang seni dan oleh raga. Selain portofolio pendaftarn SNMPTN juga mengunggah dokumen prestasi tambahan (jika ada).Tahapan ini sangat penting diperhatikan pada saat finalisasi data pada portal pendaftaran.

Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Untuk Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id. Setelah melakukan pendaftaran siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Selanjutnya tahapan Pengumuman kelulusan hasil SNMPTN 2021, jadwal pengumuman direncanakan pada tanggal, 22 Maret 2021. Setelah mengetahui hasil kelulusan, siswa pendaftar diminta untuk selalu mengakses informasi di PTN tujuan, hal ini berkaitan dengan daftar ulang yang jadwalnya disesuaikan dengan jadwal PTN tujuan. Untuk diketahui pada pendaftaran SNMPTN ini, Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah. Seluruh informasi tentang seleksi SNMPTN 2021 dapat diakses langsung dilaman https://ltmpt.ac.id (Humas Unkhair)

Berikut kerangka waktu SNMPTN 2021 yang kami rangkum :

  • Peluncuran Sistem PMB 2021 tanggal, 04 Januari 2021
  • Registrasi Akun LTMPT mulai tanggal, 04 Januari 2021 sampai tanggal, 01 Februari 2021
  • Penetapan siswa/wi yang eligible oleh Sekolah mulai tanggal, 04 Januari sampai tanggal 08 Februari 2021
  • Pengisian PDSS mulai tanggal, 11 Januari 2021 sampai tanggal, 08 Februari 2021
  • PENDAFTARAN SNMPTN 2021 mulai tanggal, 15 sampai 24 Februari 2021
  • Pengumuman hasil SNMPTN 2021 tangall, 22 Maret 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *