Desember 2, 2022

faperta.unkhair.ac.id Momentum pelaksanaan hari bakti rimbawan ke 39 kali ini mengangkat  tema “rimbawan menjaga lingkungan, menyukseskan presidensi G20 Indonesia”. Kegiatan yang dilaksanakan secara faktual di lingkungan sivitas akademika Fakultas Pertanian Unkhair terlaksana dengan baik dengan mematuhi protokol kesehatan. Hari bakti rimbawan diperingati tiap tahunnya dilandasi  pentingnya mengkampanyekan pelestarian hutan dan lingkungan hidup. Sejalan dengan tema di atas,  Dekan Fakultas Pertanian Unkhair  Ir. Lily Ishak, M.Si.,M.NatRes.,Ph.D  dalam sambutannya pada upacara hari bakti rimbawan mengatakan bahwa   Indonesia dalam Forum G20 menunjukan kepada dunia bahwa kita  mampu dalam konteks Environmental management and the sustainability of climate change mitigation yaitu  pengelolaan lingkungan dan pengendalian iklim yang berkelanjuta,  karena pada tahun 2022 Indonesia menjadi Presidensi G20.

Pada presidensi G20 Indonesia kali ini, mengusung tiga isu prioritas yang pertama adalah mendukung pemulihan yang berkelanjutan (supporting a more sustainable recovery). Kedua, peningkatan aksi berbasis daratan dan lautan untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim (enhancing land- and sea-based actions to support environment protection and climate objectives). Ketiga ,peningkatan mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim (enhancing resource mobilization to support environment protection and climate objectives).

Saat dijumpai, Aqshan Shadikin Nurdin selaku koordinator program studi kehutanan menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan  hari bakti rimbawan pada tahun ini berupa penanaman pohon,talk show, pembagian pohon kepada masyarakat, dan civitas akademika Universitas Khairun. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama semua stake holder serta mitra program studi Kehutanan. Partisipasi Sylva Indonesia  pengurus cabang  Unkhair menjadi salah satu point penting dalam menyukseskan kegiatan ini. Harapan kami rimbawan muda Kehutanan Unkhair dapat mengambil peran dalam semua pelaksanaan kegiatan kehutanan dan lingkungan di wilayah Maluku Utara, ucap Edriansyah ketua umum Sylva Unkhair.

Kegiatan talk show diselenggarakan pada hari kamis 17 Maret 2022 di Aula Nuku Rektorat Unkhair, menghadirkan Narasumber yaitu Dekan Fakultas Pertanian Universitas Khairun, Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Utara. Ketiga pembicara tersebut akan menyampaikan materinya dihadapan rimbawan muda Kehutanan Unkhair dan seluruh sivitas akademika Universitas Khairun.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.