September 25, 2022

faperta.unkhair.ac.id Universitas Khairun kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru untuk tahun angkatan 2022. Jalur penerimaan mahasiswa baru dibagi menjadi tiga jalur penerimaan yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang disingkat (SNMPTN). Jalur seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang disingkat dengan UTBK – SBMPTN. Selanjutnya jalur Seleksi Mandiri Masuk Universitas Khairun yang biasa disebut SMM Unkhair.

Informasi yang akan kami sampaikan kali ini adalah penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri. Jalur seleksi mandiri akan menerima kuota sebanyak 30%. Siswa-siswi yang mengikuti seleksi penerimaan jalur Mandiri di Universitas Khairun akan menjalani tes ujian tulis berbasis komputer dan seleksi jalur prestasi. Pada seleksi jalur prestasi siswa-siswi dibebaskan biaya pendaftaran dan proses seleksi hanya menggunakan nilai akademik dan non akademik lainnya. Seleksi prestasi tidak berlaku untuk Fakultas Kedokteran.

Untuk diketahui, Universitas Khairun telah menyiapkan kursi untuk penerimaan mahasiswa baru diketiga jalur tersebut. Untuk jalur SNMPTN Universitas Khairun akan menerima sebanyak 1414 orang calon mahasiswa. Sedangkan pada jalur SBMPTN Universitas Khairun akan menerima calon mahasiswa sebanyak 1885 orang dan dijalur Mandiri Universitas Khairun akan menerima calon mahasiswa sebanyak 1412 orang. Jadi jumlah keseluruhan calon mahasiswa yang diterima di Universitas Khairun pada tahun angkatan 2022 sebanyak 4711 calon mahasiswa baru. Calon mahasiswa baru ini akan kuliah di delapan Fakultas lingkungan Universitas Khairun.

Pendaftaran untuk seleksi jalur Mandiri dibuka mulai pada tanggal, 23 April 2022 sampai dengan 27 Juni 2022. Pendaftaran jalur seleksi mandiri dilakukan secara online pada link pendaftaran https://pmb.unkhair.ac.id/.  Pelaksanaan tes untuk jalur mandiri akan digelar pada tanggal, 30 Juni 2022 sampai dengan 06 Juli 2022. Pengumuman hasil tes jalur mandiri masuk Universitas Khairun akan disampaikan pada tanggal, 12 Juli 2022.

Berikut persyaratan pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Universitas Khairun Tahun 2022

  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan Tahun 2022 memiliki Surat Keterangan lulus atau surat keterangan siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 disertai dengan foto terbaru berwarna, stempel/cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah. Untuk peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan Tahun 2019,2020,2021 harus memiliki Ijazah
  • Mendaftar di link : https://pmb.unkhair.ac.id/
  • Membayar biaya UTBK melalui bank BNI (biaya pendaftaran sesuai dengan slip pembayaran yang dicetak saat pendaftaran)
  • Pada jalur seleksi jalur mandiri ini peserta akan dikenakan biaya yakni Rp. 200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum dan Rp.300.000 untuk kelompok ujian campuran. Pendidikan Kedokteran  Rp. 1.250.000 (sudah termasuk biaya test MMPI)
  • Kami sarankan sebelum mendaftar bisa disimak video tata cara pendaftaran PMB Unkhair.

Untuk memudahkan tahapan pendaftaran jalur seleksi mandiri berikut kami sampaikan alur pendaftaran mahasisiwa baru jalur mandiri 2022

  1. Regisrasi akun mandiri pada laman https://pmb.unkhair.ac.id /
  2. Daftar akun dengan email dan pasword pribadi
  3. Login kembali menggunakan email dan pasword yang telah didaftar
  4. Masuk pada menu pendaftaran lalu lengkapi data dengan mengisi biodata
  5. Pilih jenis tes (Saintek,Soshum dan Campuran)
  6. Lengkapi biodata orang tua
  7. Lengkapi data sekolah
  8. Simpan data
  9. Masuk menu pembayaran cetak billing
  10. Bayar di bank yang ditentukan
  11. Masuk kembali ke menu pendaftaran klik kartu peserta
  12. Unduh kartu ujian peserta
  13. Mengikuti Ujian Mandiri.

Kelompok ujian berbasis computer untuk seleksi mandiri dibagi menjadi tiga yakni Saintek, Soshum, dan Campuran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum dengan materi ujian Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
  2. Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS dan TKA Saintek dengan materi ujian Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  3. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TK

Peserta jalur mandiri yang telah diterima di Universitas akan dikenakan biaya yakni Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Iuran pengembangan institusi sesuai dengan Surat Keputusan Rektor nomor 23/UN44/KU.10/2020 tentang Penetapan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Mahasiswa baru jalur mandiri. Berikut besaran biaya IPI sesuai SK Rektor :

Setiap kampus memiliki biaya pendidikan yang dikenal dengan istilah UKT atau Uang Kuliah Tinggal. Biaya kuliah tunggal merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi yang berlaku di setiap Perguruan Tinggi Negeri. Uang kuliah tunggal digunakan sebagai dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa masyarakat dan Pemerintah. Uang kuliah tunggal merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

Berikut besaran Uang Kuliah Tunggal Universitas Khairun :

Untuk membangun pelayanan publik yang memenuhi hak dasar warga dan prinsip keadilan, Universitas Khairun mengumumkan secara terbuka terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru. Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) disampaikan baik melalui media cetak koran lokal, media online melalui laman resmi http://unkhair.ac.id dan media sosial baik facebook dan Instagram. Dalam melakukan pelayanan publik, Humas Universitas Khairun juga menerima pelayanan melalui kontak pelayanan dengan nomor  08114333144. Selain konsultasi melalui telepon, humas Unkhair juga menjawab pertanyaan pada kolom komentar di akun media social resmi milik kampus. (humas) Penulis : Suratin Sumber : Panitia PMB 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.