Unkhair Menjadi Tuan Rumah KKN Kebangsaan 2019

faperta.unkhair.ac.id. Universitas Khairun ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan, hal ini terselenggara berkat kesiapan Pemerinta Kota Ternate dan Kota Tidore Kepuluan sebagai tempat penyelenggaraan KKN Kebangsaan 2019. Guna memantapkan kegiatan ini tim dari Kemenristekdikti telah berkunjung ke Kota Ternate dan Kota Tidore, selanjutnya hari ini Rabu, 6 Maret 2019 bertempat di Grand Dafan Hotel Universitas Khairun menggelar rapat koordinasi KKN Kebangsaan bersama 79 PTN dan PTS se Indonesia bersama Pemerintah Kota Ternate dan Tidore Kepualauan.

Kegiatan rapat nasional guna kesiapan Unkhair dan Pemerinta Kota Ternate dan Tidore kepulauan ini diikuti oleh para ketua LPPM peserta KKN Kebangsaan, rapat koordinasi ini mengusung tema “Memperkokoh Rasa kebangsaan melalui pengelolaan Sumberdaya Berbasis Kepulauan dan Metigasi Bencana”

Rektor Universitas Khairun Prof.Dr. Husen Alting,SH.MH dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mempercayakan Unkhair bersama Pemda Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan sebagai lokasi KKN Kebangsaan tahun 2019, Terima kasih juga Rektor sampaikan kepada Walikota Ternate dan Walikota Tidore Kepulauan yang telah memberikan dukungan penuh sehingga Unkhair dan Kota Ternate dan Kota Tidore terpilih sebagai loksi KKN Kebangsaan. Rektor juga berterima kasih kepada Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Dr. Didin Wahidin, M.Pd yang telah meluangkan waktu berkunjung di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, dalam kesempatan ini hadir pula pihak TNI Angkatan Laut yang akan bersama menyukseskan KKN Kebangsaan ini, Rektor mengatakn kepada para hadirin bahwa nantinya Mahasiswa peserta KKN Kebangsaan akan menikmati indahnya laut di Maluku Utara dan pastinya para peserta akan pandai berenang setelah kembali ke daerahnya masing masing.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Dr. Didin Wahidin, M.Pd menjelaskan ditetapkannya Universitas Khairun sebagai tuan rumah karena kesiapannya, kesiapan itu ditandai dengan keikutsertaan Pemerintah Daerah Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, KKN Kebangsaan ini beda dengan KKN kolektif yang biasa dilaksanakan oleh tiap kampus, KKN Kebangsaan ini minim kegiatan fisik, karena para mahasiswa ini akan mengidentifikasi masalah yang muncul di masyarakat lalu bersama sama sesuai dengan bidang ilmunya untuk memecahkan permasalahan yang muncul dimasyarakat. Setiap kampus nantinya akan diwakili oleh 5 peserta yang nantinya ditempatkan di Kota Ternate dan Kota Tidore.

Ketua LPPM Universitas Khairu Nurhasana, S.Si.Msi mengatakan Universitas Khairun adalah tuan rumah KKN Kebangsaan ke tujuh, setiap tahun bergantian dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah barat dan wilayah timur, dan kali ini Unkhair terpilih karena kesiapan dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kota Ternate dan Kota Tidore Kepualaun, lanjut Nurhasanah, jumlah mahasiswa dari 79 PTN yang mengikuti KKN Kebangsaan 2019 terdiri dari 5 orang dari masing-masing PTN. Jumlah perguruan tinggi KKN kebangsaan ke 6 yang kemarin di Universitas Lampung itu sebanyak 77 PTN, dengan bergabungnya dua Universitas dalam pelaksanaan KKN kebangsaan dibulan juli – agustus 2019, yaitu universitas Raden Fatah Palembang dan universitas Tengku Umar dari Aceh, sehingga total peserta menjadi 79 PTN, lanjutnya Nurhasanah, bahwa kegiatan KKN Kebangsaan berbeda dengan KKN reguler, karena KKN Kebangsaan lebih ke psikisnya dan fisiknya pada saat pembekalan dan diarahakan pada rasa cinta tanah air dengan materi pembekalan bela negara yang diberi bimbingan oleh TNI AL Ternate yang ikut berpartisipasi dibulan Juli – Agustus nanti. *Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *