Desember 4, 2022

faperta.unkhair.ac.id Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Khairun melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Bina Desa di desa Cemara Jaya Subaim Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. Dalam Kegiatan Pengabdian Masyakat Terdapat Tiga Kegiatan, Yakni Kegiatan Bina Desa, Praktek Kerja Lapangan (PKL) Tepadu, dan Sosialisasi Program Studi Ilmu Tanah di beberapa SMA di Halmahera Timur. Kegiatan pengabdian ini digelar dari tanggal 8-11 Maret 2022.

Dalam Kegiatan Bina Desa Program Studi Ilmu Tanah melakukan pelatihan pengelolaan Limbah untuk dijadikan pupuk organik yang diikuti oleh Mahasiswa dan Masyarakat Desa Cemara Jaya. Selain itu Mahasiswa melakukan Praktikum Kerja Lapangan Terpadu seperti pengolahan lahan basah, pemetaan lahan basah di SP2 Cemara Jaya dan pengukuran debit air sungai serta pengamatan batuan sedimen di Sungai Kali Muriah. Kemudian kegiatan Sosialisasi Program Studi Ilmu Tanah dibeberapa SMA di Kabupaten Halmahera Timur bertujuan memperkenalakan kepada siswa SMA tentang aktifitas kegiatan mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah (HIMAITA) yang berada di kampus.

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya di lakukan oleh Program Studi Ilmu Tanah. Hal ini bertujuan agar mahasiswa lebih mengenal kondisi lapangan mengenai pengelolaan sumber daya lahan dengan cara mengaplikasikan semua teori mengenai Ilmu Tanah yang didapatkan secara teori di kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.